INFO TERKINI IT..

Loading...
Loading...

Sabtu, 05 April 2008

Kembang kertas


Bougaville! sekarang sedang trend untuk di buat figure tree atau instant bonsai dengan ditambah model sambung yg full color,membuat harganya jadi semakin melambung!

?Kembang kertas
Bougainvillea spectabilis
Bougainvillea spectabilis
Klasifikasi ilmiah
Kerajaan: Plantae
Divisi: Magnoliophyta
Kelas: Magnoliopsida
Ordo: Caryophyllales
Famili: Nyctaginaceae
Genus: Bougainvillea
Spesies

Bougainvillea buttiana
Bougainvillea glabra
Bougainvillea peruviana
Bougainvillea spectabilis
Bougainvillea spinosa

Bougainvillea

Kembang kertas atau populer juga dengan nama bugenvil (ejaan Inggris: [ˌbuːɡɨnˈvɪliə][1]cf. bougainville; nama ilmiah: Bougainvillea, terutama B. glabra) merupakan tanaman hias populer. Bentuknya adalah pohon kecil yang sukar tumbuh tegak. Keindahannya berasal dari seludang bunganya yang berwarna cerah dan menarik perhatian karena tumbuh dengan rimbunnya. Seludang bunga ini kerap dianggap sebagai bagian bunga, walaupun bunganya yang benar adalah bunga kecil yang terlindung oleh seludang.

Tanaman bunga kertas atau bougainvillea ini mempunyai bagian tanaman yang berwarna-warni. Oleh karena itu, tanaman bougainvillea menjadi tanaman hias yang sangat populer karena kecantikkan warnanya dan cara merawatnya yang mudah.

Berasal dari Amerika Selatan, tanaman ini sering ditanam di taman dan kawasan perumahan. Pada waktu tanaman ini berbunga, tanaman ini mempunyai kebiasaan merontokkan beberapa daunnya. Bentuknya adalah pohon kecil yang sukar tumbuh tegak. (Seludang bunga ( atau spatha) merupakan daun pelindung, yang seringkali berukuran besar, yang menyelubungi seluruh bunga majemuk waktu belum mekar. Seludang bunga dapat dijumpai pada struktur generatif ("bunga") tumbuhan anggota suku aren-arenan (Arecaceae dan suku talas-talasan (Araceae). Seludang bunga sebenarnya merupakan suatu bentuk khusus dari daun pelindung (bractea)).

Bougainvillea disebut tanaman bunga kertas karena bentuk seludang bunganya yang tipis dan mempunyai ciri – ciri seperti kertas. Nama Inggris bunga ini adalah Bougainvillea yang diambil dari nama Sir Louis Antoine de Bougainville, seorang prajurit AL Perancis. Antara jenis pokok bunga kertas tersohor ialah Bougainvillea ‘Elizabeth Angus’; Bougainvillea ‘Red’; Bougainvillea Pultonii; Bougainvillea ‘Easter Parade’ dan Bougainvillea ‘Lady Mary Baring’.

Perawatannya pun mudah, tidak memerlukan waktu yang lama karena spesies tumbuhan ini sangat sesuai ditanam di kawasan beriklim tropis dan khatulistiwa seperti negara kita dan bisa tumbuh hingga 10 meter tingginya. Batang tanaman bunga ini agak keras, mempunyai duri yang tajam dan bercabang-cabang. Perkembang biakannya pula hanya memerlukan keratan batang yang disemai di dalam bungkus plastik ataupun pot dengan cara mudah. Selain itu, tanaman ini juga mempunyai sulur yang rapat, daun yang lebar dan berbentuk bujur tirus yang mampu membentuk rimbunan pokok di kawasan halaman rumah atau juga sebagai tumbuhan pagar di kawasan yang menarik.

Walaupun tanaman ini berukuran kecil dan berbentuk corong, namun memiliki banyak manfaat. Contohnya saja untuk dandanan rambut, campuran bunga untuk mandian pewangi, dan sebagai kegunaan di upacara pemakaman bagi kaum Cina dan India.

Tarikan mempesona bunga ini menjadi perbincangan penduduk di negara kita karena terkesan dengan bentuknya dan warnanya yang menarik hati. Warna bunga ini terdiri dari berbagai macam warna, seperti jingga, merah menyala, merah jambu, merah pucat, kuning, ungu, putih, dan berbagai campuran warna.

Sedikit perawatan ringkas, penyiraman air dan pemupukan sempurna mampu mengembalikan kesegaran tanaman bunga kertas ini dalam jangka waktu kurang dua minggu. Dan jika ingin tanaman bunga kertas ini berbunga seterusnya, kita hanya perlu mengurangi pemberian air dan pupuk lantas meletakkan pot tanaman di tempat yang terkena sinar matahari.

Pokok bunga kertas ini telah berjaya dicantum dengan pelbagai warna. Jarang dapat jumpa bunga kertas yang ada lebih dari 1 warna.

Kembang kertas (pengucapan / ˌ bu ː ɡɨnvɪliə /) adalah genus dari tanaman berbunga asli Amerika Selatan dari Brasil barat ke Peru dan selatan untuk selatan Argentina (Chubut Propinsi). Penulis berbeda menerima antara empat dan 18 spesies dalam genus. Tanaman ini ditemukan di Brasil pada 1768, oleh Philibert Commerçon, botanis Prancis yang menyertai laksamana Angkatan Laut Perancis dan penjelajah Louis Antoine de Bougainville selama pelayaran mengelilingi.

Mereka berduri, tanaman merambat berkayu yang tumbuh di mana saja 1-12 meter, merangkak dari tanaman lain dengan duri bengkok. Duri yang berujung dengan hitam, lilin substansi. Mereka evergreen di mana curah hujan terjadi sepanjang tahun, atau gugur jika ada musim kering.

Daun alternatif, sederhana ovate-acuminate, 4-13 cm dan lebar 2-6 cm. Bunga aktual tanaman pada umumnya kecil dan putih, tetapi masing-masing kelompok terdiri dari tiga bunga ini dikelilingi oleh tiga atau enam bracts dengan warna-warna cerah yang terkait dengan tanaman, termasuk pink, magenta, ungu, warna merah, oranye, putih, atau kuning. Kembang kertas glabra kadang-kadang disebut sebagai “bunga kertas” karena bracts yang tipis dan keriput. Buah adalah sempit lobed lima achene.

Budidaya dan menggunakan

Bougainvilleas adalah tanaman hias populer di sebagian besar wilayah dengan iklim yang hangat, termasuk Ethiopia, Indonesia, Aruba, Filipina, Thailand, Pakistan, India, Sri Lanka, Taiwan, Vietnam, Malaysia, Australia, Singapura, wilayah Mediterania, Karibia, Meksiko, Afrika Selatan, Kuwait, dan Amerika Serikat di Arizona, California, Florida, Hawaii, Louisiana, South Carolina, dan selatan Texas.

Berbagai kultivar dan hibrida yang dipilih, termasuk hampir thornless semak-semak. Beberapa kultivar Kembang kertas yang steril, dan disebarkan dari setek.

Kembang kertas yang cepat tumbuh dan bunga sepanjang tahun di iklim hangat, terutama ketika mencubit atau dipangkas. Mereka tumbuh subur terbaik di tanah basah. Bloom siklus biasanya empat sampai enam minggu. Kembang kertas tumbuh terbaik di matahari sangat cerah dan penuh dengan sering pembuahan, tetapi tanaman membutuhkan sedikit air untuk bunga.

Sebagai tanaman indoor di daerah beriklim sedang, mereka dapat tetap kecil dengan teknik bonsai. Jika overwatered, Kembang kertas tidak akan mungkin kehilangan bunga dan daun atau layu, atau bahkan mati karena akar membusuk.
Berbagai jenis Kembang kertas merupakan bunga resmi pulau Grenada, pulau Guam, dari Lienchiang dan Pingtung County di Taiwan, Ipoh, Malaysia [1] dan dari kota-kota Tagbilaran, Filipina; Camarillo, California; Niguel Laguna, California ; San Clemente, California; dan Naha, Okinawa.



Tidak ada komentar: